Search

Woro-woro! Pertamina Cari Juragan SPBU Mini di 7.000 Kecamata - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia- Mau buka pom bensin skala kecil di kecamatan? Nah, PT Pertamina (Persero) kini sedang buka peluang kerja sama dan mencari mitra untuk membuka Pertashop ke pemerintahan desa, koperasi, serta UMKM di seluruh Indonesia.

Pertamina menargetkan SPBU Pertashop ini tersebar di 7196 kecamatan di Indonesia, sampai saat ini 3827 kecamatan tercatat belum terakses. "Sejalan dengan program Pertamina One Village One Outlet, Pertamina bakal memprioritaskan lembaga desa sebagai pengelola Pertashop," ujar Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas'ud Khamid, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (28/2/2020).

Pertashop yang dibuka di desa-desa ini akan memiliki harga dan kualitas yang sama. Ada tiga kategori Pertashop yakni Gold, Platinum, dan Diamond.


Pertashop jenis Gold berkapasitas penyaluran 400 liter per hari dengan luasan lahan yang dibutuhkan sekitar 144 meter persegi. Lokasi dari desa ke SPBU, lebih dari 10 Km atau sesuai dengan hasil evaluasi.

Adapun jenis Platinum, berkapasitas penyaluran 1.000 liter per hari, memiliki tangki penyimpanan 10 KL, luas lahan 200 meter persegi dan lokasinya di kecamatan yang belum terdapat SPBU.

Sementara jenis Platinum berkapasitas penyaluran 3.000 liter perhari, memiliki tangki timbun 10 KL, luas lahan 500 meter persegi dan berlokasi di kecamatan yang belum terdapat SPBU.

Lantas bagaimana skema kerja samanya?

"Pertamina mengembangkan dua pola investasi, pertama, Pertamina yang berinvestasi dan desa yang menjalankan atau desa yang melakukan Investasi dan ada rasio pembagian keuntungan," jelas Mas'ud.

Mas'ud menambahkan, bagi yang berminat kerjasama bisnis Pertashop bisa menyiapkan lahan/lokasi yang sesuai dilengkapi dokumen badan usaha atau badan hukum, nanti akan dilakukan survei lapangan untuk melihat kelayakan dari omset dan jarak dengan SPBU atau lembaga penyalur Pertamina yang telah dibangun sebelumnya.

Woro-woro! Pertamina Cari Juragan SPBU Mini di 7000 KecamatanFoto: Pertshop Pertamina (Dok Pertamina)

Setelah itu, pengurusan administrasi perijinan ke Pemda selanjutnya mengajukan desain dan pembangunan dan tahap akhir adalah kontrak kerjasama dengan Pertamina antara 10 - 20 tahun.

Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri, Nata Irawan menyatakan dukungannya terhadap program Pertashop karena dinilai dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia pun berpesan kepada seluruh jajarannya untuk memberikankemudahan dalam pengurusan perijinannya.

[Gambas:Video CNBC]

(gus/gus)

Let's block ads! (Why?)



"cari" - Google Berita
February 28, 2020 at 01:56PM
https://ift.tt/3caoUHD

Woro-woro! Pertamina Cari Juragan SPBU Mini di 7.000 Kecamata - CNBC Indonesia
"cari" - Google Berita
https://ift.tt/35Ruyv1
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Woro-woro! Pertamina Cari Juragan SPBU Mini di 7.000 Kecamata - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.