Search

Ma'ruf soal Larangan Mudik: Kami Cari yang Paling Maslahat - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah tengah menyiapkan Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur mudik lebaran 2020 di tengah kondisi darurat penanganan virus corona (Covid-19). Ma'ruf menyebut pemerintah akan membuat aturan yang mendatangkan kebaikan.

"PP-nya sedang dirumuskan. Mungkin dua hari lagi (selesai). Kami mencari yang paling maslahat," kata Ma'ruf dalam sambungan teleconference, Selasa (31/3).

Ma'ruf pun meminta masyarakat tak mudik ke kampung halaman pada lebaran tahun ini. Menurutnya, masyarakat yang mudik saat ini memberikan risiko penularan virus corona ke masyarakat di desa masing-masing.

Mantan Rais Aam PBNU itu lantas menyinggung anjuran agama Islam yang menyatakan sesuatu yang dapat menimbulkan bahaya bagi dirinya atau orang lain pasti dilarang dan cenderung diharamkan.


"Apalagi kalau pemerintah sudah meminta, jangan sampai terulang. Dan itu menjadi wajib untuk tidak dilakukan. Sesuatu yang wajib menurut agama, (dan) diwajibkan oleh pemerintah, itu wajibnya menjadi kuat, ujarnya.
Lebih lanjut, Ma'ruf mengatakan sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 kepada masyarakat yang sudah mudik lebih awal.

"Antara lain mereka akan juga dilakukan pemeriksaan secara ketat dan kalau mereka yang bandel tentu akan diisolasi. Yang terindikasi akan diisolasi selama 14 hari sehingga dia juga nanti mungkin tidak bisa kemana-mana (di kampung halamannya)," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta pemerintah daerah lebih tegas melarang warga mudik ke kampung halaman. Sejumlah pemerintah daerah diketahui telah membuat kesepakatan untuk melarang mudik selama pandemi virus corona.

[Gambas:Video CNN]

Jokowi menyebut tercatat 876 armada bus antarprovinsi telah membawa sekitar 14 ribu penumpang ke sejumlah wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jawa Timur dalam delapan hari terakhir.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu sendiri telah menetapkan kondisi darurat kesehatan masyarakat. Ia menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam menanggulangi virus corona yang sudah menyebar ke sejumlah provinsi di Indonesia. (rzr/bmw)

Let's block ads! (Why?)



"cari" - Google Berita
March 31, 2020 at 07:46PM
https://ift.tt/3dBHE3k

Ma'ruf soal Larangan Mudik: Kami Cari yang Paling Maslahat - CNN Indonesia
"cari" - Google Berita
https://ift.tt/35Ruyv1
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ma'ruf soal Larangan Mudik: Kami Cari yang Paling Maslahat - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.